cari apa saja yang sudah ditulis cak-Senu

sawah dan petani

Pernahkah kalian bermain ke sawah? Aku ini adalah anak desa. Maksudnya tempat tinggalku memang di desa. Meski Bapak Ibuku pegawai negeri dan tidak mempunyai sawah, tetapi SD tempat aku sekolah dulu punya lahan sawah yang cukup luas. Sejak kelas 3 sampai 5 SD, setiap musim tanam, pembersihan gulma, panen, bahkan saat pembajakan tanah sawah, aku selalu ikut pergi ke sawah. Pengalaman yang sangat indah...

Sayang sekali sekarang ini lahan sawah sudah banyak berkurang. Banyak lahan sawah yang dibuka untuk dijadikan tempat mendirikan rumah. Semakin padat populasi penduduk, semakin banyak pula kebutuhan akan tempat tinggal.

Perubahan budaya yang ada di sekitar kita, juga mempengaruhi semakin sempitnya lahan sawah. Sedikit orang yang masih mau mengambil atau menekuni profesi menjadi petani. Kebanyakan dari mereka beranggapan bahwa profesi sebagai petani adalah profesi rendahan, tidak bergensi. Bertani adalah pekerjaan kasar bersama lumpur dan bau busuk. Bekerja sebagai petani hanya cocok untuk orang miskin.
Generasi petani yang tersisa saat ini kebanyakan adalah generasi tua. Jika mereka sudah tidak mampu lagi menjadi petani, siapa yang akan meneruskannya??

2 komentar:

  zulaikah

19 August, 2009 18:25

wong deso ta...hehehe

  Anonymous

26 August, 2009 10:37

Indonesia negara bingung.....
Potensi besar yang tak tersentuh.